cara bisnis online

Cara Bisnis Online, 5+ Langkah Ampuh Khusus Pemula

Jika kamu ingin mencoba melakukan cara bisnis online kecil-kecilan, terdapat beberapa langkah yang sudah terjamin untuk menentukan keberhasilan dalam berbisnis. Sudah banyak orang menggunakan paduan ini untuk memulai berbisnis dalam skala kecil dan sudah terbukti keberhasilannya.

Agar kamu tidak penasaran juga seperti apa cara melakukan bisnis online dalam skala kecil, berikut adalah cara yang dapat kamu lakukan:

1. Bisnis Online Dengan Target Market

Kebanyakan orang justru memulai bisnis dengan membuat kesalahan pertama yaitu mencari produk terlebih dahulu dan mencari pelanggan setelahnya.

Padahal untuk meningkatkan peluang keberhasilan dalam berbisnis maka kamu harus mencari siapa yang akan membeli produk yang akan kamu jual. Cara terbaiknya adalah dengan mencari sekelompok orang yang membutuhkan solusi dari sebuah masalah tetapi belum menemukan hasil yang efektif.

Saat ini kamu bisa menggunakan internet untuk melakukan riset target market. Misalnya dengan mencari forum online untuk melihat pertanyaan populer oleh banyak orang dan masalah apa yang ingin mereka pecahkan. Atau kamu juga bisa memulai dengan mencari keyword terlebih dahulu yang paling banyak orang cari tetapi dengan daya saing rendah.

Selain itu kamu juga bisa melihat potensi pesaing yang kamu miliki dengan mengunjungi situs mereka dan mencatat apa yang mereka lakukan untuk memenuhi kebutuhan setelah itu, kamu bisa menggunakan apa yang telah kamu pelajari untuk menghasilkan sebuah produk yang bisa memenuhi kebutuhan pasar tetapi justru punya kualitas lebih tinggi daripada para pesaing.

2. Cara Bisnis Online Dengan Copywriting

Untuk melakukan penjualan secara online, sudah banyak perusahaan yang mempunyai formula sehingga membuat para pengunjung situs toko mereka memutuskan membeli produk yang mereka jual. Beberapa karena memang situs tersebut berhasil menyediakan informasi berupa headline yang menarik sehingga membuat orang penasaran. Selain itu, produk-produk yang laris di pasaran mampu mempertahankan para pelanggannya karena berhasil menjelaskan bagaimana cara produk tersebut menyelesaikan masalah para pelanggan.

Selain itu perusahaan terkemuka juga mampu membangun kredibilitas mereka untuk menjawab bahwa mereka hanyalah satu-satunya pilihan terbaik dari para pesaing. Agar para pelanggan yakin dengan produk yang kamu tawarkan, maka kamu bisa menambahkan testimoni dari para pelanggan sebelumnya.

Tidak perlu fokus menjelaskan kapan perusahaan yang kamu bangun berdiri. Tetapi, kamu bisa lebih menekankan kepada seperti apa produk yang kamu tawarkan dan mengapa produk tersebut Justru lebih unggul dibandingkan para pesaing. Kemudian buatlah penawaran menarik misalnya dengan memberikan diskon atau membuat garansi untuk memastikan layanan memuaskan para pelanggan.

Seluruh informasi tersebut dapat kamu tuang dalam sebuah tulisan yang disebut copywriting. Teknik menulis ini membuat kamu bisa mempengaruhi tindakan pembeli sesuai dengan keinginan.

3. Buat Website Online

Sekarang kamu sudah mempunyai target market dan produk yang ingin kamu jual. Maka selanjutnya adalah kamu bisa melanjutkan cara bisnis online dengan membuat website. Website online merupakan sebuah toko yang akan membantu para pelanggan mencari produk yang mereka inginkan. Sehingga pastikan bahwa kondisi toko tersebut benar-benar enak dilihat seperti pada website online Travelnews.id.

Salah satu kunci utama dalam membuat Website toko online adalah buat sesederhana mungkin. Kamu hanya punya waktu 5 detik saja untuk menarik perhatian para pengunjung website. Atau sebaliknya mereka justru pergi dan tidak akan pernah mengunjungi toko online milik kamu lagi.

Beberapa cara membuat website online yang sederhana adalah gunakan background putih dengan tampilan font yang simple dan mudah dibaca. Sedangkan untuk navigasi website harus benar-benar sederhana dan jelas pada setiap lamannya.

Selanjutnya, sampaikan pesan tentang produk apa yang kamu jual. Serta, apa keuntungan bagi para pelanggan dalam berbagai bentuk seperti infografik, video, maupun audio. Tambahkan strategi pemasaran dengan melibatkan email para pengunjung supaya kamu bisa menghubungi mereka melalui email.

Untuk proses pembelian secara online sebaiknya buat sesederhana dan semudah mungkin. Tidak boleh ada proses transaksi yang berbelit-belit. Sehingga pelanggan merasa membeli apapun di toko online yang kamu miliki benar-benar responsif dan tidak membuang waktu.

4. Cara Bisnis Online Dengan Iklan PPC

Pay per Click Advertising adalah salah satu cara termudah untuk memperoleh traffic dari situs baru yang kamu miliki. Dengan menggunakan pvc maka toko online yang kamu miliki akan langsung muncul pada halaman pencarian Google dan keuntungan kedua adalah kamu bisa menggunakan berbagai keyword berbeda ketika beriklan.

Sehingga dengan beriklan menggunakan Google, kamu bisa menggunakan banyak sekali keyword, yang mengarah pada pencarian website milik kamu di Google. Cara ini membantu sehingga website yang kamu miliki untuk toko online tersebut mudah ditemukan di Google sehingga juga akan meningkatkan potensi pengunjung toko sekaligus meningkatkan peluang penjualan produk.

5. Membangun Reputasi Bisnis

Walaupun kamu melakukan cara berbisnis melalui internet atau online, bisnis yang kamu jalankan bisa bertahan dalam jangka panjang jika kamu mampu membangun reputasi. Semua orang saat ini menggunakan internet untuk mencari informasi apapun. Kamu bisa menyediakan informasi tersebut secara gratis pada situs lainnya sehingga kamu bisa memperoleh traffic lebih dan meningkatkan ranking website kamu di Google. Misalnya dengan menambahkan link untuk setiap informasi yang kamu tambahkan pada website yang kamu bangun.

Misalnya kamu bisa menawarkan artikel gratis dengan konten profesional atau selain Artikel juga bisa berupa video maupun konten lainnya yang berguna. Distribusikan konten tersebut secara online ke berbagai sosial media dan tambahkan link supaya para pengunjung yang membaca informasi tersebut akan mengunjungi website toko online yang kamu miliki atau justru kamu juga bisa mengenalkan brand toko melalui link untuk branding bisnis.

Cara ini terbilang efektif karena kamu akan memperoleh tipe pembaca baru. Namun karena setiap konten yang kamu terbitkan terdapat link secara relevan maka dapat meningkatkan jumlah pengunjung dan membantu membuat website kamu lebih populer.

6. Cara Bisnis Online Dengan Email Marketing

Jika kamu ingin mengubah pengunjung toko menjadi seorang pembeli, maka kamu harus bisa menawarkan sesuatu yang membuat mereka mau kembali mengunjungi toko tersebut. Hal inilah yang akan kamu peroleh jika menggunakan teknik email marketing dalam berbisnis online.

Buatlah toko online yang mempunyai penawaran menarik atau menyediakan informasi tambahan bagi para pengunjung toko yang ingin memperoleh informasi lebih selama mereka tidak keberatan untuk membagikan informasi gmail. Contohnya, saat ini kamu fokus membangun website toko online khusus sepatu.

Kamu bisa menawarkan kepada para pengunjung informasi tambahan tentang katalog sepatu yang kamu jual atau informasi harga apabila mereka mengirimkan alamat email. Dari alamat email tersebut, kamu bisa menawarkan berbagai tawaran khusus kepada para pengunjung sehingga tidak hanya sekedar jualan saja tetapi membangun koneksi maupun hubungan jangka panjang dengan para pelanggan.

Itulah informasi lengkap tentang apa saja yang harus kamu lakukan ketika ingin membangun bisnis online kecil-kecilan. Seluruh cara sederhana tersebut bisa membantu para pemula yang ingin berbisnis tetapi masih sepi dari pelanggan.

5/5 - (1 vote)