cara bisnis di shopee

6+ Panduan Lengkap Cara Bisnis di Shopee Bagi Pemula

Jika kamu baru pertama kali ingin berjualan di marketplace, kamu bisa mempelajari panduan lengkap bagaimana cara bisnis di Shopee. Shopee merupakan sebuah marketplace yang mempunyai icon yaitu warna oranye dan sudah sangat populer di kalangan masyarakat.

Shopee mempunyai cara menarik dalam melakukan promosi yaitu dengan menggandeng penyanyi dari dalam maupun dari luar negeri. Seluruh konser disiarkan pada stasiun televisi nasional.

Saat ini masyarakat Indonesia sangat akrab dan suka berbelanja pada marketplace, banyak juga seller Shopee yang memilih melakukan usaha sampingan. Reputasi Shopee juga bisa kamu manfaatkan untuk memperoleh keuntungan pribadi. Berikut adalah panduan lengkap Bagaimana jualan di Shopee supaya kamu bisa memperoleh referensi dalam berbisnis.

Cara Bisnis di Shopee Bagi Pemula

Cara Bisnis di Shopee Bagi Pemula

Ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan ketika ingin memulai bisnis di Shopee sebagaimana berikut:

1. Buat akun Shopee

Buatlah akun Shopee, dan apabila tidak mempunyai akun maka kamu tidak bisa melakukan kegiatan jual-beli. Apabila sudah mempunyai akun maka kamu bisa mencoba langkah kedua. Jika ingin mempunyai akun di Shopee, maka kamu harus punya email ataupun nomor ponsel yang masih aktif. Kemudian isi formulir pendaftaran akun tersebut secara lengkap.

Selanjutnya kamu bisa menerima email aktivasi atau disebut dengan SMS yang berisikan kode OTP. Kemudian gunakan email ataupun kode OTP jika ingin menyelesaikan pendaftaran.

2. Buka toko

Apabila sudah mempunyai akun, maka kamu bisa mulai membuka toko. Caranya yaitu mengunjungi situs Shopee terlebih dahulu pada peramban. Kemudian klik ” jual” dalam bagian sudut kiri atas. Lanjutkan dengan mengisi profil toko terlebih dahulu termasuk nama, deskripsi, foto profil, juga banner.

Pada langkah ini kamu sudah berhasil memiliki toko di marketplace Shopee. Berikutnya kamu bisa mengatur alamat toko juga jasa pengiriman yang akan kamu gunakan. Pastikan tidak mengatur rekening bank untuk mencairkan seluruh penghasilan.

3. Cara Bisnis di Shopee – Unggah produk

Unggah produk ataupun barang yang akan kamu jual. Kamu bisa mempersiapkan gambar tetapi dengan kualitas baik supaya dapat unggah gambar tersebut.

Cara bisnis di Shopee berikutnya yaitu memastikan gambar tampak jelas dan menarik calon pembeli. Isi detail produk yang kamu jual termasuk nama produk, jenis, deskripsi, ukuran, maupun merk. Shopee melakukan pemeriksaan produk yang kamu jual dalam waktu satu hari kerja.

4. Promosikan produk

Jika dalam proses verifikasi Shopee sudah selesai kamu lakukan, maka produk akan muncul pada bagian etalase toko. Selanjutnya adalah melakukan promosi.

Tujuan promosi yaitu supaya barang dagangan yang kamu jual bisa dilirik oleh calon konsumen. Pada tiap 4 jam, Shopee akan memberikan peluang bagi penjual untuk dapat meningkatkan produknya. Kamu juga bisa membagikan tentang tautan toko maupun produk pada media sosial. Tujuannya adalah untuk dapat membantu penjualan menjadi lebih meningkat.

Cara Bisnis Di Shopee Dengan Strategi Jualan Online

Cara bisnis di Shopee juga harus dibarengi dengan adanya strategi agar produk yang kamu jual bisa laris di pasaran. Berikut adalah beberapa strategi dalam penjualan online di Shopee:

1. Fitur gratis ongkir

Shopee mempunyai fitur gratis ongkir apabila kamu melakukan belanja minimal 0 hingga 30.000, 90.000, dan 200.000.

Gratis ongkir daya tarik paling besar bagi para pembeli. Aktifkan fitur tersebut dengan cara menggunakan foto KTP dan foto selfie yang memegang KTP. Jika pembeli menggunakan voucher gratis ongkos kirim, maka kamu tidak perlu bayar ongkos kirim lagi pada jasa ekspedisi.

2. Perbanyak produk

Cara bisnis di Shopee yaitu dengan berjualan dan memperbanyak produk yang ingin kamu jual. Semakin banyak produk pada etalase toko, maka semakin banyak memperoleh pembeli. Apabila toko tersebut menyediakan produk kurang dari 5 buah maka akan kesulitan dalam memperoleh pembeli. Kamu juga tidak perlu banyak waktu ketika mengunggah produk. Hal ini karena Shopee mempunyai fitur upload produk secara massal.

3. Tingkatkan jumlah followers

terdapat fitur following dan followers dalam Shopee layaknya Instagram maupun Twitter. Hal ini juga mempengaruhi performa pada penjualan toko kamu. Kamu mempunyai semakin banyak pengikut ataupun jumlah follower sehingga produk akan cepat laku.

Pada awal pembentukan toko kamu, pastikan kamu fokus terhadap bagaimana cara meningkatkan Berapa jumlah pengikut terlebih dulu.

4. Program khusus Shopee

Shopee menyediakan berbagai program khusus bagi para penjual. Kamu sebagai penjual bisa menggunakan hal tersebut yaitu dengan memanfaatkan program flash sale.

Flash adalah penjualan produk dalam waktu singkat dan dengan harga yang telah diberikan diskon. Program flash juga dapat digunakan bagi seluruh pengguna Shopee. Apabila mengikuti program flash Deal maka bisa menjadi salah satu strategi tepat tentang bagaimana cara bisnis di Shopee.

5. Cara bisnis di Shopee dengan jualan produk populer

Cara berikutnya yaitu jadilah penjual di Shopee yang menyediakan banyak produk populer. Carilah produk yang paling banyak dibeli oleh para pembeli. Hal ini menandakan adanya tren positif di pasar saat ini. Penjualan juga bisa naik secara pesat jika menjual produk yang sedang banyak dicari para pembeli.

Kamu juga harus pandai memenangkan persaingan jika harus bersaing dengan para penjual lainnya. Walaupun kamu mempunyai produk serupa tawarkan dengan harga rendah sehingga konsumen bisa lebih cenderung memilih produk yang kamu sediakan.

6. Rekap penjualan

Berjualan di Shopee dengan cara online juga membutuhkan rekap penjualan sebagai salah satu strategi penting untuk menganalisa berapa hasil penjualan yang telah kamu lakukan. Dalam hal ini kamu bisa menggunakan aplikasi pencatat penjualan untuk memudahkan supaya kamu bisa mencatat seluruh penjualan dan transaksi dalam usaha tersebut.

Kenapa Harus Bisnis Di Shopee

Sekarang kamu berada pada era modern di mana kamu bisa mempelajari apa saja cara bisnis di Shopee walaupun sebagai pemula pada situs KORANKU.net. Cara ini membantu supaya kamu bisa meraup keuntungan lebih dengan cara online.

Ada beberapa keuntungan yang akan kamu peroleh dengan memilih jualan di marketplace Shopee. Shopee selalu mempunyai program menarik untuk jualan online bagi para penjual yang sudah bergabung pada marketplace tersebut.

Shopee juga menawarkan usaha bagi para pelaku bisnis pemula yang ingin menggunakan marketplace tersebut karena bisa mencoba berbisnis dengan modal minim. Kamu tidak perlu mengeluarkan biaya untuk uang sewa toko tetapi kamu juga bisa menawarkan sebanyak-banyaknya produk walaupun dari rumah. Kamu juga bisa menjalani usaha di Shopee tanpa modal dengan cara menjadi seorang dropshipper.

Sekarang kamu sudah mengetahui banyak hal tentang cara bisnis di Shopee. Dengan modal sedikit kamu sudah bisa memperoleh keuntungan sangat banyak untuk berjualan dengan sistem dropship yang terbilang mudah. Dengan mempelajari seperti apa cara-cara agar kamu tidak rugi ketika jualan di Shopee, kamu bisa mengatasi berbagai kekurangan dalam berbisnis dan tetap memperoleh untung.

Beri Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *