tips bisnis undangan digital

Bisnis Undangan Digital – 6 Cara Efektif Khusus Pemula

Bisnis undangan digital menjadi salah satu ide bisnis yang bisa kamu kembangkan dalam perkembangan teknologi saat ini. Berbeda dengan usaha pembuatan undangan manual, bisnis ini justru memberikan keuntungan yang lebih menjanjikan.

Kamu tidak perlu harus mengeluarkan biaya atau modal untuk membeli kertas maupun tinta. Bahkan kamu bisa menggunakan template yang estetik untuk menghasilkan undangan daring. Apalagi saat ini ada banyak situs web yang menawarkan template undangan digital secara gratis ataupun berbayar.

Cara Memulai Bisnis Undangan Digital

bisnis undangan digital

Apa yang ada dalam undangan digital sama seperti isi dalam undangan bentuk fisik. Undangan digital dibuat dengan mencantumkan nama tamu undangan, informasi mempelai, tanggal dan juga lokasi acara, dan foto-foto mempelai.

Berikut adalah apa saja cara dalam memulai bisnis undangan digital yang dapat kamu lakukan sebagai pemula:

1. Perhatikan desain template

Bagi setiap calon pengantin, mereka pasti mempunyai referensi berbeda tentang tampilan undangan pernikahan digital. Beberapa mungkin lebih senang dengan tampilan desain yang sederhana dan tampak simple. Namun ada juga yang lebih menyukai desain template yang unik.

Jika kamu menawarkan undangan digital, pastikan memiliki referensi desain template undangan yang tampak atraktif. Artinya, kamu harus memiliki waktu untuk melakukan riset website undangan digital yang mempunyai fitur template paling menarik.

Jika kamu sudah memperoleh inspirasi desain, cobalah untuk membuat desain template undangan sesuai karya sendiri. Kamu bisa membuat lebih dari satu template desain website sebagai contoh yang bisa kamu sodorkan. Sehingga klien dapat memilih mana yang mereka sukai.

2. Identifikasi target pasar dan riset

Target utama untuk memulai bisnis undangan website yaitu calon pengantin. Perhatikan bahwa setiap calon pengantin mempunyai kondisi yang berbeda.

Beberapa mungkin merupakan pasangan sederhana yang mempunyai budget kecil untuk pembuatan undangan digital. Namun ada juga calon pengantin yang ingin memiliki desain undangan elektronik yang tampak mewah. Jadi, kamu harus melakukan riset pasar sebelum memulai bisnis ini.

Kegunaan riset pasar yaitu untuk membantu memahami karakter dalam target marketing. Kamu juga dapat mempersiapkan kebutuhan calon klien dengan lebih mudah karena sudah memahami seperti apa keinginan mereka.

3. Persiapkan domain

Selain fokus dengan hal teknis, membuka bisnis undangan digital artinya kamu juga harus memiliki teknologinya. Salah satu teknologi yang harus kamu miliki yaitu domain berkualitas.

Kamu perlu membeli satu domain yang dapat dipecah menjadi beberapa domain (subdomain). Subdomain tersebut nantinya akan kamu bagikan kepada semua klien. Penggunaan sub domain maupun subdirektori sangat diperlukan jika kamu hanya memiliki modal kecil untuk bisnis undangan elektronik.

4. Gandeng penyedia hosting

Teknologi lainnya yang juga harus kamu miliki dalam membangun bisnis undangan digital adalah hosting. Pilih penyedia hosting yang kredibel, berkualitas dan juga profesional.

5. Mulai susun strategi marketing

Cara membuat undangan digital atau website terbilang cukup mudah, apalagi jika kamu sudah mempunyai ilmu desain grafis. Agar kamu bisa bertahan pada bisnis tersebut, kamu wajib memiliki strategi marketing.

Banyak pelaku bisnis undangan online harus gulung tikar karena belum mempunyai strategi promosi yang tepat. Template desain undangan yang cantik dan unik saja tidak cukup.

Kamu harus melakukan beberapa cara agar dapat mempromosikan bisnis secara online. Misalnya dengan menggunakan sosial media. Ada banyak platform video gratis yang membantu mempublikasikan bisnis untuk kebutuhan promosi.

Pilihan terakhir adalah dengan menggunakan konten SEO atau dengan memanfaatkan iklan pada sosial media. Jika kamu sudah mempunyai banyak klien, kamu harus mempertahankan kualitas desain undangan supaya klient terus merasa puas dan tidak keberatan dalam mempromosikan produk yang kamu tawarkan.

6. Landing page

Bagian yang tidak kalah pentingnya dalam menjalankan bisnis undangan digital adalah membuat landing page yang menjual. Fungsikan landing page tersebut untuk etalase online sehingga kamu bisa menampilkan berbagai macam template desain undangan yang pernah kamu buat.

Landing page yang kamu buat harus mampu menunjukkan karakter bisnis. Sehingga landing page tersebut juga dapat membuat karya kamu tampak berbeda dari kompetitor. Semakin bagus dan menarik landing page yang kamu buat, maka semakin besar peluang untuk memperoleh lebih banyak klien.

Mengapa harus bisnis undangan elektrik?

undangan elektrik

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa saja cara bisnis undangan digital dari awal hingga akhir. Berikutnya, kamu harus mengetahui beberapa keunggulan dari bisnis ini, sebagaimana berikut:

1. Lebih ekonomis

Saat kamu membuat undangan fisik, biayanya tentu tidak sama dengan ketika membuat undangan digital. Dalam undangan digital, kamu tidak perlu lagi harus mengeluarkan biaya untuk tinta dan juga biaya kertas.

2. Fleksibel dan efisien

Sejauh apapun tempat kamu menawarkan bisnis undangan elektrik, kamu berpeluang untuk memperoleh klien dari wilayah manapun dengan cepat dan mudah. Proses melakukan pemesanan juga lebih fleksibel, karena klien dapat menghubungi kamu secara online.

3. Ramah lingkungan

Undangan digital tidak menggunakan kertas, sehingga hal ini sudah mendukung adanya pelestarian lingkungan. Berbeda dengan penggunaan kertas pada undangan berbentuk fisik.

4. Mempermudah menghitung jumlah tamu

Penggunaan undangan digital sering digunakan karena terbukti efektif dalam membantu pasangan untuk menghitung berapa tamu yang akan hadir. Sehingga, proses pembuatan undangan untuk pasangan dapat disesuaikan dengan suguhan ataupun souvenir yang akan disiapkan.

Itulah penjelasan lengkap tentang apa saja keuntungan yang akan diperoleh dengan menggunakan undangan digital daripada undangan fisik. Biaya menikah yang terus meningkat, membuat banyak calon pengantin memilih menggunakan undangan digital.

Apalagi bentuk undangan digital tidak kalah modern dan kalah cantik jika dibandingkan dengan undangan biasa. Hal ini karena kamu bisa memanfaatkan teknologi desain untuk menggambar undangan agar tampil lebih unik.

Walaupun di Indonesia sendiri, bisnis undangan elektrik belum begitu populer. Tetapi bukan berarti bahwa bisnis ini tidak memiliki prospek yang menjanjikan untuk para pelaku.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan populer yang sering ditanyakan Banyak orang tentang bisnis undangan digital:

Apa saja hal yang harus kamu persiapkan dalam pembuatan undangan digital?

Ada begitu banyak hal yang harus kamu persiapkan sebelum membuat undangan digital. Bisnis ini tidak hanya membutuhkan template yang berkualitas, tetapi juga hosting, domain, dan juga strategi marketing yang efektif mengingat peminat di Indonesia masih belum banyak untuk penggunaan undangan digital.

Apa saja hal yang harus ditulis di undangan digital?

Undangan digital memiliki informasi yang sama seperti halnya undangan fisik. Dalam undangan digital, terdapat informasi nama tamu, informasi mempelai, tanggal dan lokasi untuk acara, dan juga foto-foto mempelai.

Apa tantangan yang akan kamu hadapi dalam menjalankan bisnis undangan elektrik?

Untuk memulai bisnis ini, kamu harus melakukan marketing yang efektif dengan menunjukkan berbagai hasil karya yang pernah kamu buat sebelumnya. Usahakan membuat desain yang berbeda dari kompetitor, sehingga banyak klien yang tertarik dengan undangan yang telah kamu buat.

Beri Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *